Pages

Turki di antara dua benua

Separo Negara turki terletak di benua asia, separonya lagi di benua Eropa. Itulah yang membuat turki punya budaya yang beragam. Ada apa saja di sana?

Bunga tulip

Banyak orang bilang, bunga tulip berasal dari Belanda. Padahal bukan, lo! Tulip itu tumbuhan liar asal Turki. Dulu sekitar tahun 1000-an, orang turki mulai membudidayakan tumbuhan liar berbunga indah ini. Bahkan, bunga tulip juga ditanam di istana. Oleh karena banyak yang menyukainya, bunga itu mulai menyebar ke berbagai negara, termasuk Belanda sekitar tahun 1500-an. Oya, nama tulip sendiri berasal dari bahasa Turki yang artinya “sorban” atau kain yang dililitkan di kepala.

Kastil kapas
Ini bukan kastil yang terbuat dari kapas. Tapi ?! Warnanya putih seperti kapas. Pamukkale, namanya. Dalam bahasa Turki, pamukkale artinya kastil kapas. Pamukkale sebenarnya adalah bukit batu. Bukit ini terbentang sepanjang hampir 3km. Bukit ini memiliki banyak cekungan yang berisi air. Saat air sedang banyak., cekungan ini seperti kolam renang bertingkat, seperti sawah terasering.
Uniknya saat musim dingin tiba, air dalam cekungan itu tidak ikut membeku. Suhu airnya tetap hangat sekitar 35 derajat celcius. Oleh karena itu, saat musim salju, banyak yang datang untuk berendam air hangat di sana. Oya, air hangat itu berkhasiat mengobati berbagai penyakit, lo!!!

Masjid Biru
Sebenarnya masjid ini diberi nama masjid Sultan Ahmed. Namun, ia lebih dikenal dengan nama Blue Mosque atau Mesjid Biru. Letaknya di Istanbul, Turki. Proses pembangunan masjid ini dimulai sejak tahun 1609 dan berakhir tahun 1616. Masjid ini dikenal sebagai masjid biru, karena dulunya bagian dalam masjid ini dipenuhi nuansa warna biru. Sedangkan nama Sultan Ahmednya, diperoleh dari nama Sultan yang memerintahkan pembangunan masjid itu. Untuk mengenang Sultan Ahmed makamnya ada di halaman masjid itu. Walaupun kini warna biru sudah tidak tampak lagi, tapi orang tetap menyebutnya masjid biru.

Ssst, di turki ada jembatan yang menghubungkan benua Asia dan Eropa,lo! Namanya jembatan Bosporus. Jembatan sepanjang 1,5 km itu melintasi selat Bosporus.

0 komentar:

Posting Komentar