Pages

Pertanda apakah tanda lahir itu?

Pertanda apakah tanda lahir itu?
Setiap ibu yang sedang hamil pasti mengharapkan dan berdoa anak yang dikandungnya akan lahir dengan sehat dan normal. Sepuluh jari kaki dan tangan yang lengkap adalah harapan standar semua orang tua. Bayangkanlah bagaimana perasaan orang tua yang mendapati bayi mereka tak lengkap jari-jarinya atau bahkan lahir dengan cacat yang lebih parah
.
Sekitar 1 dari 10 bayi lahir normal dan selamat namun memiliki tanda lahir tertentu. Jika tanda lahirnya tersenbunyi atau tidak terlalu mencolok, mungkin tak bermasalah. Namun ada juga bayi yang memiliki tanda lahir signifikan, yang bisa saja mengganggu kondisi mentalnya. Bukan hanya karna dia akan diejek teman-temannya, melainkan juga karena tanda lahir tertentu sering dikaitkan dengan mitos tertentu yang memojok.
Ada beberapa jenis tanda lahir yang bias muncul di bagian tubuh mana pun. Ada orang yang punya bercak kecoklatan di lengannya; ada juga yang lahirdengan bercak merah berukuran besar di wajahnya; dan ada orang yang salah satu ibu jari kakinya berwarna ungu. Tidak jelas mengapa ada orang memiliki tanda lahir dan ada pula yang tidak. Tapi yang paling umum memiliki tanda lahir adalahorang dari ras kaukasia (orang kulit putih/Eropa). Tanda lahir 5 kali lebih banyak muncul pada anak perempuan ketimbang anak laki-laki. Ada tanda lahir yang sudah terlihat sejak bayi lahir, ada pula yang baru muncul belakangan.

Banyak mitos beredar mengenai tanda lahir. Salah satu mitos menyatakan bahwa tanda lahir merupakan lambing keinginan ibu yang tak terpenuhi. Mitos lainya menyebutkan tanda lahir adalah efek dari makanan yang dkonsumsi selama ibu hamil. Ada juga mitos yang bilang tanda lahir merupakan efek kelahiran yang traumatis. Itu menurut mitos, sedangkan faktanya tidaklah sensasional. Tanda lahir bukanlah kesalahan bunda mengandung dan bukan merupakan menular. Beberapa jenis tanda lahir mengandung unsure genetic, tapi kebanyakkan muncul secara acak

Secara garis besar tanda lahir bias dibedakan menjadi 2 tipe: tanda lahir pigmen (zat warna) dan tanda lahir vascular (pembuluh) tanda lahir pigmen merupakan hasil pertumbuhan melanocytes yang terlampau pesat. Melanocytes adalah sel-sel yang mengatur zat warna di kulit kita. Tanda lahir pigmen sangat umum, termasuk jenis bintik-bintik kopi susu (café au lait spot), tahi lalat serta bercak biru Mongolia. Mari kita bahas satu per satu


Bintik bintik kopi susu (café au lait spot)
Jenis tanda lahir ini berupa titik-titik berwarna kopi susu yang bias muncul di bagian tubuh manapun. Titik-titik yang halus dan berbentuk bundar umumnya ditemukan dibagian dada atau tubuh bagian bawah. Beberapa anak memiliki beberapa tanda lahir ini sekaligus. Bintik-bintik kopi susu tidak berbahaya meskipun tidak bias dihilangkan. Namun demikian jika jumlahnya sangat banyak, bias jadi itu merupakan pertanda penyakit syaraf yang harus dicek ke dokter.

Bercak biru Mongolia
Tanda lahir yang satu ini rata, seperti memar, dan umumnya muncul dipantat atau tubuh bagian bawah bayi. Jenis tanda lahir ini lebih sering ditemukan pada bayi berkulit gelap. Warnanya bervariasi dari biru, hitam, sampai abu-abu. Dalam beberapa tahun sejak bayi lahir, tanda ini akan berangsur-angsur menghilang.

Tahi lalat.
Tahi lalat termasuk tanda lahir pigmen. Banyak orang berkulit putih yang memiliki sejumlah tahi lalat di bagian tubuhnya,terutama berwarna coklat atau hitam. Orang dengan banyak tahi lalat punya resiko terkena kanker kulit lebih tinggi dan karenanya harus berhati-hati terhadap paparan sinar matahari. Ada tahi lalat bawaan lahir yang ukurannya sangat besar sehingga mengganggu penampilan. Tahi lalat semacam ini bias dibuang oleh dokter bedah. Namun demikian penghilah tahi lalat secara medis tidak dengan serta-merta menghilangkan resiko terkena kanker kulit.

Tanda lahir pembluh
Tanda lahir pembuluh merupakan bentuk kelainan pembuluh darah serta pembuluh kapiler di dekat kulit. Kelainan ini timbul bias karena pembuluh darah terlalu lebar atau karena jumlahnya terlalu banyak. Kedua kondisi ini mengakibatkan aliran darah yang sangat besar pada area tubuh tertentu sehingga terbentuklah kelaianan kulit.

Bercak retina (macular stain)
Tanda lahr ini juga disebut salmon patches (belalang merah salmon), angel kisses (ciuman malaikat), atau strok bites (gigitan bangau). Bentuknya rata dan berwarana tink atau merah yang terhimpun menjadi tanda lahir pembuluh. Tanda lahir yang tidak berbahaya ini umunya muncul di bawah wajah, kepala, leher dan berangsur-angsur kan memudar sejalan pertambahan usia bayi.

Hemangiomas
Kelainan kulit satu ini bias berbentuk benjolan atau tumbuh ke dalam. Warnanya merah dan umunya bertekstur bintil-bintil. Kebanyakan hemangios berukuran kecil dan berangsur-angsur lenyap. Tapi ada juga yang besar dan meninggalkan bekas luka parut. Kendati kebanyakan tidak brebahaya, hemangios yang muncul di dekat wajah atau kepala bias mengaruhi pernafasan serta penglihatan. Hemangios yang berupa benjol dan bintil-bintil disebut juga hemangios stroberi.

Bercak anggur Portugal
Inilah jenis tanda lahir yang paling parah dan menyusahkan, karena warnanya yang mencolok (merah tua) atau ungu. Pemilik tanda lahir ini diantaranya Mikhail Gorbachev (Presiden Uni Sovyet periode 1990-1991). Dialahir deangan tanda bercak anggur Portugal di dahinya. Tanda lahir ini tidak mengancam kesehatan, namun bias berdampak pada bentuk wajah. Besarnya aliran darah ke area yang memiliki tanda lahir itu kadangmenyebabkan kulit wajah merenggang atau terdistorsi. Banyak pemilikbercak anggur Portugal memilih terapi laser untuk mengecilkan ukuran tanda lahir ini. Pertambahan usia kadang mengakibatkan bercak ini memiliki tekstur seperti kerikil sehingga mengganggu penglihatan dan cara berbicara.
Secara umum tanda lahir tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit. Namun tanda lahir yang terlalu besar menimbulkan pemiliknya malu dan cemas. Anak-anak sering diejek atau ditanya mengenai tanda lahirnya itu oleh teman-teman sebayanya. Tanda lahir yang menyebabkan anak minder sebaiknya diperbaiki secara medis. Terapi laser atau kamuflase denan make up bias dipilih. Namun demikian tanda lahir yang sudah dihilangkan bias muncul kembali. Tanda lahir yang menimbulkan rasa sakit, gatal berdarah ,atau terinfeksi harus diperiksa ke dokter secepatnya.
Tanda lahir bisa membuat bingung anak, tapi tidak bias disangkaljuga merupakan bagian identitasnya. Mikhail Gorbachev, misalnya, menjadi popular antara lain karena tanda lahir di dahinya itu. (Teen)

1 komentar:

Yusron Efendi mengatakan...

wah ini blognya spa.,,.,.

Ane jalan2 smabil ccari TTd buat Isi Komict besok nih,..,.,!!

Posting Komentar